Headlines News :
Home » , » Sekilas Aka Depok

Sekilas Aka Depok

Written By AKADEMI KIMIA ANALISIS CARAKA NUSANTARA on 29 Desember 2010 | 15.12

AKA CARAKA NUSANTARA (AKA DEPOK) didirikan oleh Yayasan Pendidikan Caraka Nusantara (YPCN) pada tahun 1992 dalam rangka menyediakan tenaga-tenaga terampil yang saat ini masih sangat diperlukan, khususnya sebagai calon-calon manager menengah/supervisor.

Sesuai dengan konsep awal, AKA CARAKA meyelenggarakan pendidikan Program D3 Kimia Analisis (DIII Kimia Analisis) untuk menghasilkan tenaga ahli dibidang analisis kimia. Dengan memperhatikan perkembangan selanjutnya, maka kurikulum disesuaikan dengan lapangan kerja yang masih terbuka luas.

AKA CARAKA adalah satu-satunya Perguruan Tinggi Swasta di Kopertis Wilayah III Jakarta yang menyelenggarakan Program Diploma III Kimia Analisis.

Kimia Analisis memegang peranan penting dalam meningkatkan daya saing produk industri dan juga menjadi landasan yang kuat untuk menegakkan kewirausahaan industri kecil dan menengah. Kurikulum AKA CARAKA disusun mengikuti struktur Standar Kompetensi Nasional Bidang Kimia Analitik dan selalu disesuaikan dengan kebutuhan lapangan kerja. Proses belajar mengajar dilaksanakan di gedung kampus AKA CARAKA berlantai tiga dengan luas total 2700 m2.

Selain ruang kuliah dan perpustakaan, kampus ini dilengkapi fasilitas laboratorium kimia (kimia dasar, kimia anorganik, kimia analisis, kimia fisik), fisika, mikrobiologi, dan industri kecil) yang memenuhi persyaratan pendidikan analis kimia.

Anggota Senat Akademi dan para dosen berpendidikan S1, S2 dan S3 dari Perguruan Tinggi di dalam maupun di luar negeri. Beberapa dosen berasal dari instansi Penelitian dan Pengembangan Pemerintah, Perguruan Tinggi Negeri dan Industri

Kurikulum dibagi menjadi 60% praktikum dan 40% kuliah. AKA CARAKA mengadakan kerja sama dengan Fakultas Matematika dan Ilmu Pasti (FMIPA), Jurusan Kimia, UI untuk pelaksanaan Praktikum Analisis Instrumen.

Secara keseluruhan waktu studi di AKA CARAKA berlangsung selama 6 semester dan dilengkapi dengan berbagai seminar/Kuliah Umum dari tenaga-tenaga ahli/dosen tamu dan melakukan kunjungan ke industri maupun ke lembaga-lembaga penelitian. Proses studi diakhiri dengan ujian tulisan dan ujian lisan dalam suatu seminar dan sidang laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Industri. Bagi mahasiswa/i yang berprestasi memiliki kesempatan untuk mendapatkan beasiswa atau hibah penelitian dan kewirausahaan dari DIKTI .


Lulusan AKA CARAKA dapat bekerja di hampir senua semua sektor pembangunan. Lapangan kerja utama adalah industri kimia (seperti industri polimer, petrokimia, tekstil dan semen/keramik) dan industri-industri yang melibatkan proses kimia (seperti industri perminyakan, makanan, minuman, farmasi dan kosmetik) serta di lembaga-lembaga penelitian dan pengembangan.

Sampai saat ini permintaan tenaga lulusan AKA CARAKA belum dapat terpenuhi sepenuhnya dalam hal kuantitas karena tingginya permintaan. Lebih dari 90% lulusan AKA CARAKA mendapat pekerjaan kurang dari tiga bulan bahkan beberapa diantaranya sudah mendapat pekerjaan sebelum lulus. Lulusan AKA CARAKA juga dapat melanjutkan pendidikan ketingkat sarjana melalui program ekstensi di Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta.


AKA CARAKA menyadari sepenuhnya tentang masih banyaknya program studi dibidang kimia, yang masih bisa dan perlu dikembangkan.

Dua langkah penting yang dapat ditempuh AKA CARAKA adalah:


1. Untuk meningkatkan mutu pendidikan, AKA CARAKA tetap berusaha mencari peluang untuk melakukan kerja sama, baik dengan Industri, Perguruan Tinggi negeri maupun swasta.
2. AKA CARAKA selalu berupaya untuk membina hubungan yang baik dengan pihak industri agar diciptakan visi yang sama antara AKA CARAKA sebagai pendidik calon pekerja dan pihak industri yang menyerap tenaga tersebut untuk kepentingan usahanya.

Visi & Misi AKA Depok

VISI

Menjadi Perguruan Tinggi unggulan berbasis kompetensi Kimia Analisis yang mampu bersaing sesuai dengan perkembangan Industri di tingkat Nasional dan menumbuhkan jiwa Wirausaha.

MISI

  • Menyelenggarakan pendidikan kimia analisis berstandar nasional dengan biaya terjangkau.
  • Menumbuhkan jiwa kewirausahaan pada lulusan AKA CARAKA NUSANTARA (AKA Depok) dengan menyelenggarakan pelatihan untuk pembekalan keahlian berwirausaha (life skill) kepada lulusan AKA CARAKA NUSANTARA (AKA Depok).
  • Mengikuti perkembangan/perubahan standar kompetensi kimia analisis di industri dengan mengimplementasikan ke dalam materi pembelajaran.
  • Menjalin kerjasama dengan industri dan pemda setempat.

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Puisi | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Akademi Kimia Analisis Caraka Nusantara (AKA Depok) - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger