Headlines News :
Home » » Bahaya Merokok Studi Mata Kuliah Dasar

Bahaya Merokok Studi Mata Kuliah Dasar

Written By AKADEMI KIMIA ANALISIS CARAKA NUSANTARA on 29 Desember 2010 | 22.32

Bahaya Merokok Studi Mata Kuliah Dasar

Saya yakin banyak diantara kita termasuk juga Saya dan Anda yang cukup paham bahwa merokok itu merusak kesehatan tubuh, terutama jantung yang kemudian mengganggu saluran pernafasan. Meskipun secara medis Kita tidak memahami betapa bahaya merokok sangat sangat riskan, namun cukuplah bagi kita untuk sedikit sedikit mengerem kebiasaan merokok.

Berangkat dari kesederhanaan pengetahuan kita tentang bahaya merokok, saya ingin mengajukan pertanyaan: Apa arti bahaya merokok bagi Anda?

Untuk saya persoalan stop merokok dan ancaman bahaya merokok semua bergantung pada sejauh mana pengetahuan kita, seberapa dalam kita mengenal rokok. Untuk itu mari kita membedah apa saja yang terkandung dari “Bahaya Merokok”?. Sebelumnya kita perhatikan mindmapping atau gambar bahaya merokok yang berikut ini:

gambar bahaya merokok

Mapping Bahaya Merokok

Nah, berhubung postingan kali ini tentang mata kuliah dasar, maka saya akan memulainya dari kategori pengidap. Apa apa saja bahaya merokok yang mengintai para pengidapnya:

Perokok Aktif

Zat Kimia - Setidaknya ada 4000 jenis bahan kimia berbahaya yang dikandung rokok diantaranya arsinekum, dan sianida. Sementara diantara 4000 bahan kimia tersebut, sekurang ada 40 zat kimia yang sangat sangat berbahaya dan dikategorikan penyebab penyakit kanker. Celakanya sekian banyak zat kimia ini pun juga dinikmati perokok aktif dan pasif.

Candu - terkait dengan salah satu zat kimia yang menjadi sajian formula batang rokok. Selain ituh bahan kimia tersebut ternyata ikut menyerang beragam jaringan tubuh vital diantaranya otak, jantung, pembuluh darah. Hal ini berarti, Nikoton cs secara perlahan mempengarungi tubuh kita untuk terus meminta dan terus menerus ditelanjangi yang pada akhirnya mematikan semua fungsi vital tubuh kita.

Transisi - Perlu disadari asap rokok yang dihirup perokok aktif dan pasif mengandung karbon monoksida. Dengan masuknya karbon monoksida ini berarti terjadi pergantian fungsi oksigen di sel sel darah dan kemudian mengambil berbagai zat makanan dari jantung, otak, dan beberapa jaringan tubuh lainnya. Beberapa tanda tandanya adalah, Anda tak bisa lagi merasakan lezatnya makanan seperti sebelumnya. Ini ditandai dengan Anda yang perlu menghisap rokok disetiap akhir santap makan.

Perokok Pasif

  • Seperti halnya perokok aktif, penderita asap rokok ini pun terpaksa ‘menikmati’ bahaya rokok yang terkandung di asapnya yakni ancaman penyakit jantung dan kanker paru paru.
  • Bagi anak anak yang sering menjadi perokok pasif beresiko besar menderita infeksi telinga, peunomia dan bronkitis.
  • Kematian mendadak bagi ballita atau bagi yang ketika sedang dalam kandungan, sang ibu termasuk perokok rutin.

Sekian mata kuliah dasar tentang bahaya merokok, semoga tidak ada kesalahan dari pemahaman saya dan jika salah mohon koreksinya dari Dr. Arie , Dr. Andaka ataupun Dr. Yanuar dan juga para dokter dokter lainnya. Nah, Di artikel berikutnya kita akan membahas lebih dalam lagi tentang Zat yang terkandung dalam rokok. Nah, dari pengetahuan dasar ini saya ingin bertanya.

Masih kah Anda menjadi penikmat rokok?


Sumber : http://kesehatan.kompasiana.com

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Puisi | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Akademi Kimia Analisis Caraka Nusantara (AKA Depok) - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger